Strategi Pemasaran Pendidikan Untuk Keunggulan Sekolah

Strategi Pemasaran Pendidikan Untuk Keunggulan Sekolah

Strategi Pemasaran Pendidikan – Masyarakat kini sudah menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk kelangsungan masa depan. Di dunia yang semakin kompetitif, pendidikan juga sama bersaingnya. Semua sekolah mulai menonjolkan keunggulannya–prestasi, fasilitas, tenaga ajar, sistem pengajaran, dan lainnya. Di tengah dunia yang seperti ini, strategi pemasaran pendidikan menjadi jauh lebih penting untuk keberlangsungan hidup sekolah agar bisa bertahan dan mempertahankan jumlah peserta didik.

Strategi pemasaran pendidikan ini digunakan untuk mempromosikan lembaga pendidikan, proram, atau layanan pendidikan. Strategi ini ditujukan untuk menggaet calon siswa, orangtua, juga pemangku kepentingan lainnya agar sekolah menjadi lebih diminati. Berikut Etnicode berikan beberapa tips untuk membantu meningkatkan efektivitas untuk strategi pemasaran pendidikan institusi Anda.

Baca juga: Jasa Maintenance Website Profesional: Rahasia Bisnis Sukses

1. Manfaatkan Platform Media Sosial

Di dunia digital ini, begitu banyak institusi–tidak hanya di dunia pendidikan–yang mulai melakukan konvergensi digital dan merambat ke media sosial. Media sosial ini merupakan platform yang tepat untuk melakukan riset pasar sekaligus untuk menjangkau lebih banyak audiens lagi. Hal ini karena para calon peserta didik dan orangtuanya pasti masuk ke dalam segmentasi masyarakat yang menggunakan media sosial.

Oleh karenanya, memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn akan membantu institusi mendapatkan jangkauan yang luas. Tidak hanya itu, pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran pendidikan juga akan membangun kesadaran tentang lembaga pendidikan Anda. Ini karena audiens kini cenderung lebih senang mencari informasi mengenai sekolah dan PPDB melalui internet.

2. Tawarkan Program dan Layanan yang Unik

Kebanyakan sekolah, karena berada di institusi bidang yang sama, pastinya cenderung memiliki program yang mirip. Dengan menawarkan program dan layanan unik yang berbeda dari yang lainnya akan dapat membantu menarik perhatian. Hal ini juga bisa dikembangkan menjadi keunggulan sekolah dan meningkatkan citra sekolah di mata orang tua dan calon peserta didik.

3. Menciptakan Konten Berkualitas

Konten berkualitas ini dimaksudkan untuk mengenalkan lebih jauh lagi mengenai sekolah pada pasar yang dituju. Konten bisa berupa artikel blog, video, ataupun infografis seputar sekolah, prestasi, keunggulan, fasilitas, maupun tren pendidikan terbaru. Konten-konten ini jika sampai dengan baik pada pasar audiens, pastinya akan meningkatkan kesadaran mereka tentang lembaga pendidikan Anda.

4. Gunakan Strategi SEO

Penciptaan konten sebelumnya, meskipun berkualitas tetap tidak akan sampai secara maksimal ke pasar audiens jika tidak teroptimasi dengan baik. Penggunaan SEO bersamaan dengan penciptaan konten ditujukan untuk meningkatkan visibilitas konten. Selain itu, SEO juga bisa digunakan dalam memanfaatkan media sosial dan juga situs resmi sekolah. Dengan SEO yang optimal, lembaga pendidikan Anda akan lebih terlihat pada hasil penelusuran mesin pencari di Internet.

5. Responsif dan Ramah

Balasan yang responsif dan ramah akan mendorong orangtua dan calon murid menjadi lebih antusias untuk mengetahui informasi-informasi mengenai sekolah. Respon yang baik juga akan meningkatkan rasa percaya dan membangun hubungan serta citra yang baik di mata masyarakat.

Baca juga: Jasa Optimasi Google Bisnisku dengan Etnicode!

Strategi Pemasaran Pendidikan untuk Promosi yang Efektif

Sebelum masuk ke cara-cara promosi sekolah yang efektif dan membangun kredibilitas, mari pahami beberapa jenis pemasaran untuk institusi pendidikan terlebih dulu. Secara umum ada dua jenis pemasaran pendidikan, yaitu pemasaran melalui media konvensional dan digital. Strategi pemasaran pendidikan dengan media konvensional bisa dilakukan dengan koran, majalah, radio, televisi, baliho, brosur, dan spanduk. Sedangkan strategi pemasaran pendidikan dengan media digital bisa menggunakan media sosial, situs sekolah, iklan digital, blog, juga konten lainnya.

Yang lebih sering dimanfaatkan lebih lanjut adalah pemasaran digital. Pilihan ini diikuti dengan kemajuan digital dan transisi perilaku masyarakat. Untuk mempromosikan sekolah dengan baik, ada beberapa cara yang bisa diterapkan oleh institusi pendidikan Anda:

1. Bangun Portofolio untuk Reputasi Sekolah

Sama seperti pengumpulan portofolio untuk individu, portofolio untuk sekolah juga penting untuk meningkatkan reputasi. Portofolio sekolah berguna untuk menunjukkan pada audiens keunggulan dan ciri khas sekolah, kelebihan juga kredibilitas. Portofolio ini sama dengan menciptakan citra baik di mata pasar yang ditarget. Selain itu, portofolio ini juga penting untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat–bisa melalui koran dan majalah lokal, juga kurasi di media sosial dan situs.

2. Miliki Situs Web yang Dinamis dan Menarik

Situs web digunakan sebagai salah satu penunjang portofolio sekolah. Memiliki situs web bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas sekolah. Terlebih situs web yang terorganisir dengan baik dan selalu diperbarui. Situs web juga berisi mengenai informasi-informasi mendasar seperti kontak, sejarah, visi-misi, fasilitas, dan informasi PPDB, sehingga penting untuk dimiliki institusi pendidikan.

Menciptakan dan memiliki situs web dengan tampilan yang menarik akan membuat orang lebih betah berlama-lama di situs tersebut. Semakin lama seseorang ada, semakin banyak pula informasi didapatkan dari situs. Oleh sebab itu, buatlah situs web sekolah Anda menarik, mudah dinavigasi, dan memiliki informasi yang relevan.

3. Buat Teknik Pemasaran Secara Daring

Teknik pemasaran untuk strategi pemasaran pendidikan ini erat korelasinya dengan penciptaan konten yang atentif. Konten yang beragam jenisnya sangat mudah dioptimalkan untuk menceritakan kisah-kisah penting yang membalut portofolio sekolah. Seperti penciptaan video tentang latar belakang pencapaian prestasi, infografis tentang eksklusivitas fasilitas, juga kualitas tenaga ajar. Konten-konten ini semua berguna untuk teknik pemasaran karena mencakup keunggulan sekolah yang menjadi basis dari citra sekolah yang baik. Untuk hasil yang optimal, perlu pemanfaatan maksimal dengan media sosial dan situs web yang melakukan promosi dengan baik. Untuk itu, buatlah konten yang tidak hanya berkualitas, namun menarik, relevan, dan dekat dengan keseharian peserta didik di sekolah tersebut.

4. Banggalah dengan Sekolah Anda

Kebanggaan pada sekolah akan membantu dalam memperkenalkan sekolah Anda pada audiens yang dituju. Hal ini karena semakin  bangga seseorang, maka semakin dia mengenal dan mengetahui kelebihan dan kekurangan sekolah. Dengan pengetahuan yang mendalam, Anda akan tahu bagian mana yang harus ditonjolkan untuk menarik atensi dari pasar audiens. Tidak hanya itu, bangga dengan sekolah juga berarti akan lebih mudah menyalurkan perasaan bangga tersebut ke sekitar–seperti membangun citra dengan memamerkan prestasi siswa dan guru di sekolah Anda.

5. Miliki Lingkungan Belajar yang Menarik dan Menginspirasi

Lingkungan belajar yang menarik dan inspiratif bisa menjadi salah satu strategi pemasaran pendidikan yang baik untuk sekolah Anda. Hal ini karena lingkungan yang nyaman merupakan salah satu tolak ukur yang dicari oleh orangtua saat mencari sekolah untuk anak mereka. Lingkungan yang baik pastinya akan mendukung proses pembelajaran seorang anak, membuat mereka lebih bersemangat dan termotivasi untuk aktualisasi diri. Inspirasi ini juga akan memberi ruang bagi anak dan calon peserta didik untuk lebih luwes dan berani menyuarakan suara mereka. 

Baca juga: Kursus Bikin Web Jogja Murah Tanpa Coding Garansi Sampai Bisa

Situs Website Sekolah yang Teroptimasi: Etnicode Agency

Etnicode Agency merupakan sebuah agensi yang bergerak di pemasaran digital dan jasa konsultan. Di tengah persaingan digital, Etnicode hadir untuk membantu strategi pemasaran pendidikan sekolah Anda dengan mengembangkan bisnis dan optimasi digital. Selain itu, kami juga memberikan layanan dan video tutorial agar sekolah Anda tetap dapat terus berkembang dan teroptimasi selepas paket bisnis kami. 

Dengan tim yang ahli dan profesional, Etnicode Agency akan membantu sekolah Anda dalam basis kolaborasi, berdiskusi bersama untuk mencapai tujuan strategi pemasaran pendidikan Anda. Kami menyediakan jasa untuk riset dan analisis ke semua tingkatan untuk meningkatkan brand awareness terhadap sekolah Anda. Kami juga menyediakan jasa optimasi media sosial, situs, dan menerapkan strategi SEO yang sudah terjamin untuk menjaga posisi Anda  berada di halaman awal mesin pencarian. 

Mulai Bangun Situs Web Untuk Pemasaran Pendidikan Dengan Etnicode!

Untuk membuat website promosi sekolah, ada beberapa komponen yang harus dimiliki. Berikut adalah beberapa komponen yang dapat dipertimbangkan:

1. Domain

Domain adalah alamat dari situs Anda. Pastikan untuk memilih nama domain yang mudah diingat dan relevan dengan sekolah Anda. Meskipun ada beragam jenis ekstensi domain, yang cenderung digunakan untuk website sekolah adalah .sch.id. Untuk mendapatkan nama domain, Anda harus segera mendaftar domain yang anda mau melalui platform domain name registrar.

2. Web Hosting

Web hosting adalah tempat di mana data website Anda disimpan. Untuk itu, perhatikan hosting yang Anda pakai karena pastinya informasi yang disimpan merupakan data-data penting yang harus dijaga.

3. SSL Certificate

SSL Certificate adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan data yang ditransfer antara server dan browser.

4. Content Management System (CMS)

CMS adalah platform yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan konten di situs web Anda. Salah satu CMS yang ramai dan populer untuk digunakan adalah WordPress.

5. Desain yang Menarik

Pastikan situs web Anda memiliki desain yang menarik dan mudah dinavigasi. Situs yang baik tidak hanya harus memerhatikan tampilan desain yang indah, namun juga yang mudah untuk digunakan. Untuk itu, sering kali dibutuhkan jasa UI/UX yang profesional untuk mendesain halaman depan situs sekolah Anda.

Ayo berkolaborasi dari sekarang bersama Etnicode untuk Strategi Pemasaran Pendidikan Sekolah Anda yang ideal, terbaik, dan teroptimasi secara baik. Anda tidak perlu pusing dengan segala teknikalitas yang rumit dan serahkan pada kami! Segera hubungi kami melalui WhatsApp: 0822 3333 1245 atau Email: info@etnicode.com / etnicode@gmail.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk segera bersaing di pemasaran pendidikan lagi. Selangkah lebih awal akan menjamin kesuksesan Anda lebih jitu dan pasti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *