Bentuk Pemasaran Digital di Sekolah – Dunia pendidikan kini sedang ramainya melakukan konvergensi digital. Dalam era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, kita tidak dapat mengabaikan peran penting dari pemasaran digital. Pada dasarnya, pemasaran digital berfungsi untuk meningkatkan jumlah siswa yang mendaftar. Tidak hanya itu, pemasaran digital juga mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis, terbuka, dan relevan.
Pemasaran digital menjadi media untuk mengisi pembelajaran dan dapat meningkatkan popularitas sekolah. Ini menjadi sarana sekolah untuk membangun jaringan komunikasi yang kuat antara sekolah, siswa, guru, orang tua, dan masyarakat luas. Intinya adalah dengan memahami dan mengadopsi bentuk pemasaran digital yang tepat, sekolah akan mampu melakukan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang baik ini juga akan memperkuat citra merek dan menjelajahi peluang kolaborasi yang baru.
Dalam mencari alternatif yang sesuai dalam pemasaran digital, sekolah perlu menemukan cara-cara kreatif untuk mempromosikan sekolah. Cara kreatif ini nantinya akan mamu meningkatkan interaksi sekolah dengan sasaran yang dituju. Sasaran ini bisa berupa siswa, calon siswa, hingga orang tua murid dan masyarakat. Tidak berhenti sampai di sana, interaksi juga akan meningkatkan keterlibatan komunitas dan dapat memberikan dampak positif bagi pendidikan.
7 macam bentuk pemasaran digital di Sekolah
-
Sosial Media untuk Interaksi dan Branding
Sosial media menjadi media untuk berkomunikasi di dunia pendidikan. Sekolah, sebagai lembaga pendidikan dapat meraih banyak manfaat dari media ini untuk memperkuat interaksi dan membangun citra merek yang positif. Selain itu, sekolah dapat memanfaatkan platform sosial media seperti Instagram, TikTok, dan Twitter untuk membangun citra positif. Platform ini juga bermanfaat untuk berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan alumni, serta meningkatkan komunikasi online.
-
Website Sekolah yang Dinamis dan Informatif
Website sekolah berguna dalam memberikan informasi yang informatif, responsif, dan menarik. Website akan memberikan panduan tentang penyajian informasi yang efektif, termasuk fitur yang mendukung kebutuhan pengguna. Ini menjadi alat yang fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, dengan memanfaatkannya dengan bijak, sekolah dapat membangun hubungan kuat dengan pihak yang terkait dan meningkatkan efektivitas operasional mereka.
-
Strategi Email Marketing untuk Komunikasi yang Terarah
Email marketing menjadi alat pemasaran yang efektif, termasuk pengiriman newsletter, pengumuman acara, dan informasi penting lainnya kepada orang tua, guru, dan siswa. Dengan mengidentifikasikan tujuan-tujuan ini dan merancang kampanye email marketing yang sesuai, sekolah dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan semua pihak terkait dan memaksimalkan pengaruh positifnya dalam mendukung pendidikan dan pertumbuhan siswa.
-
Kampanye Google Ads untuk Meningkatkan Pencarian
Dalam kampanye Google Ads berfokus pada kata kunci terkait sekolah, pendidikan, dan strategi untuk memastikan dapat meningkatkan pencarian di mesin pencari. Google Ads menjadi alat pemasaran yang sangat efektif untuk sekolah, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendaftaran siswa baru, membangun citra merek sekolah, mempromosikan program-program sekolah, menargetkan sekolah berdasarkan lokasi, dan mengoptimalkan anggaran iklan.
-
Pemanfaatan Webinar dan Acara Virtual
Webinar dan acara virtual dapat dijadikan media untuk menjelaskan potensi pemasaran melalui webinar dan acara virtual untuk menarik perhatian calon siswa dan orang tua, serta menyediakan platform untuk berbagi informasi, prestasi, dan visi sekolah.
-
Kolaborasi dengan Influencer Pendidikan
Kolaborasi atau bekerja sama dengan influencer yang berfokus pada pendidikan dapat meningkatkan daya tarik sekolah, membuka peluang baru, dan memberikan pandangan daya tarik sekolah, membuka peluang baru, dan memberikan pandangan positif kepada audiens yang lebih luas.
-
Analisis Kinerja dan Pemantauan Berkelanjutan
Analisis ini membantu sekolah untuk memahami pentingnya analisis untuk memantau kinerja kampanye pemasaran digital dan bagaimana sekolah menggunakan hasil analisis untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka.
Baca juga : Pelatihan Digital Marketing Dari Dasar Bareng Etnicode Academy
Bagaimana Cara Mengoptimalkan Pemasaran Digital untuk Sekolah?
-
Website Sekolah
Saat ini informasi tidak perlu ditaruh dalam lembaran brosur yang artinya sekolah perlu membuat profil lembaga yaitu digital knowledge. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi melalui mesin pencari dan mengeksplorasi melalui website sekolah yang menjadi rekomendasi.
Oleh karena itu, sekolah harus memiliki website resmi yang biasanya menggunakan domain atau alamat URL berakhiran sch.id (mendakan website resmi sekolah). Jika sebuah lembaga yang mengatur maka bisa menggunakan domain .org atau .or.id. Website perlu didesain dengan menarik sesuai dengan branding sekolah dan berisikan konten-konten yang bermanfaat, tidak hanya mengenai promosi kegiatan namun informasi yang dicari oleh calon siswa atau pengunjung.
-
Media Sosial Sekolah
Media sosial kini sangat mudah digunakan dan menjadi media untuk calon siswa mencari informasi. Tampilan postingan dapat menjadi pandangan pertama bagi calon siswa atau wali murid dalam menilai sekolah. Media sosial dapat menjadi tolak ukur dalam tingkat profesional sekolah dari kualitas konten media sosial yang disajikan.
Mengoptimalkan media sosial untuk branding dan marketing harus berfokus pada kualitas konten. Calon siswa dan calon wali siswa akan tertarik dengan sekolah kita jika akun media sosial kita tampilannya menarik dan informatif.
-
Email Marketing Sekolah
Mengoptimalkan penggunaan email dalam publikasi dan pemasaran adalah penting untuk sekolah, karena sebagian besar informasi krusial terkait pendaftaran dan sebagainya disampaikan melalui email. Oleh karena itu, dalam strategi pemasaran digital, pemanfaatan email dapat meningkatkan visibilitas sekolah secara luas. Selain itu, email marketing untuk sekolah dapat mencakup tips pendidikan, beasiswa, berita terkini, opini pendidikan, serta informasi seputar semester baru dan penerimaan siswa baru.
-
Iklan Digital/Google Ads
Agar sekolah menjangkau cakupan yang lebih luas maka iklan digital atau Google Ads dapat menjadi solusinya. Iklan ini dapat mencakup audiens yang lebih spesifik mengenai penyebaran informasi, terutama saat penerimaan siswa baru. Orang yang melihat iklan sekolah kita dapat menjadi peluang target sekolah. Dalam hal ini, pihak sekolah perlu mengkombinasikan strategi dalam pemasaran digital untuk sekolah dan sudah terbukti berhasil di beberapa sekolah yang mulai menerapkan pemasaran digital.
Keberhasilan dari bentuk-bentuk strategi ini juga perlu ditingkatkan agar tetap melakukan evaluasi secara bertahap untuk menjaga pelayanan pendidikan dan menjaga kualitas citra merek sekolah yang menggunakan strategi pemasaran digital ini.
Baca juga : Fungsi Utama Digital Marketing: Kunci Kesuksesan Di Era Digital
Hubungi Etnicode!
Sekolah Anda ingin mengoptimalkan pemasaran digital dan membutuhkan tim ahli dalam bidang pemasaran digital? Etnicode siap membantu sekolah Anda dalam mewujudkannya! Anda dapat menghubungi kami melalui:
Website
Jangan ragu mengunjungi website kami di https://www.etnicode.com/ atau lihat penawaran khusus kami di halaman Pemasaran Digital untuk Sekolah untuk melihat layanan digital marketing yang kami tawarkan. Lihat portofolio terbaru kami dalam menangani klien-klien kami.
Email dan Whatssap
Anda juga dapat menghubungi kami melalui email etnicode@gmail.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tawaran layanan kelola social media Instagram kami dan untuk konsultasi lebih lanjut mengenai penawaran layanan kami, Anda dapat menghubungi kami melalui telepon atau whatsapp di nomor +62 822 3333 1245
Media Sosial
Anda juga dapat menghubungi kami melalui media sosial kami melalui instagram kami @etnicode atau Tiktok @Etnicode untuk konsultasi.